Mengenal Jenis-Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Cakupan Area Atau Jarak



Apa itu jaringan Komputer ?
Jaringan komputer secara umum adalah hubungan antara dua atau lebih sistem komputer melalui media komunikasi untuk melakukan komunikasi data satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer sendiri terdiri dari beberapa jenis. Dari jaringan yang sederhana sampai jaringan yang mencakup secara luas.
Jenis jaringan komputer berdasarkan cakupan areanya adalah salah satu pengelompokan jaringan komputer dilihat dari jarak yang dapat dibentuk oleh jaringan tersebut. Jenis jaringan komputer berdasarkan jarak ruang lingkupnya yaitu PAN, LAN, MAN dan WAN.

1.    PAN (Personal Area Network)
Personal Area Network atau sering disebut PAN. Jaringan komputer PAN adalah tipe jaringan komputer yang menghubungkan antara dua atau lebih sistem komputer yang berjarak dekat. Untuk jarak dalam tipe jaringan PAN berkisar 4 sampai 6 meter saja. Tipe jaringan PAN ini paling sering di pakai oleh user. contohnya menghubungkan handphone/smartphone dengan komputer.





         Media yang digunakan pada jenis jaringan PAN ini sering kita gunakan seperti kabel data handphone, bluetooth, wifi, dan sebagainya.


2.    LAN (Local Area Network)

Local Area Network atau LAN adalah tipe jaringan komputer yang bentuk jaringannya hanya mencakup wilayah kecil tapi jangkauannya lebih luas dari pada PAN. Contoh jaringan LAN seperti jaringan komputer kampus, jaringan  gedung, jaringan  kantor, jaringan komputer di sekolah. Biasanya ruang lingkupnya sekitar 100 m.

  
3.    WAN (Wide Area Network)
Wide Area Network atauWAN merupakan jenis jaringan komputer yan area jangkauannya mencakup area yang besar atau cukup luas. sebagai contoh yaitu jaringan yang menghubungkan suatu wilayah dalam suatu negara, bisa juga negara dengan negara lainnya.  Internet merupakan contoh dari jaringannya.



4.    MAN (Metropolitan Area Network)
Metropolitan Area Network (MAN) adalah jenis jaringan komputer yang bekerja dalam area suatu kota. MAN mempunyai transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Untuk area atau ruang lingkup jangkauan jaringan MAN ini berkisar antara 10 hingga 50 km.

Sumber Artikel :
https://www.robihartoni.id/2019/04/jenis-jenis-jaringan-komputer.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biodata dan Foto Personil Setia Band Terbaru

Contoh surat pemesanan barang